Rukun Islam

Islam adalah sebuah agama. Orang yang menganut agama islam disebut sebagai muslim (muslimah kalau dikhususkan untuk perempuan). Setiap muslim wajib melaksanakan 5 hal dasar yang disebust sebagai rukun islam. Masing-masing komponen dari rukun islam merupakan satu kesatuan dan harus dilaksanakan secara utuh sesuai dengan syaratnya. Berikut adalah lima komponen rukun islam.

  1. Mengucapkan dua kalimat Syahadat.
  2. Melaksanakan Shalat wajib 5 waktu sehari semalam.
  3. Melaksanakan ibadah Puasa di bulan Ramadhan sebulan penuh.
  4. Membayar Zakat bagi pemilik harta yang telah mencapai nisab.
  5. Melaksanakan ibadah Haji bagi yang mampu.

Mengucapkan dua kalimat Syahadat
Syahadat atau sering disebut juga sebagai Syahadatain merupakan 2 kalimat (Dalam bahasa arab Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat) dengan kalimat pertama merupakan syahadah at-tauhid dan kalimat kedua merupakan syahadah ar-rasul. Kedua kalimat syahadat tersebut adalah sebagai berikut.
Kalimat pertama:

asyhadu an-laa ilaaha illallaah
artinya: Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah.
Kalimat kedua:

wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah
artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.
Mengucapkan dua kalimat syahadat merupakan gerbang masuknya seseorang memeluk agama islam. Melalui ucapan dua kalimat syahadat, seseorang mengakui bahwa hanyalah Allah sang kreator yang patut disembah dan tidak ada hal lain yang menyamainya, serta mengakui Muhammad sebagai utusan Allah yang membawa islam ke muka bumi ini sehingga semua ajaran yang beliau sampaikan dilaksanakan dengan sepenuh hati.

Melaksanakan shalat wajib lima waktu dalam sehari semalam
Shalat merupakan ibadah wajib seorang muslim yang dilaksanakan 5 waktu dalam rentang waktu 24 jam. Shalat lima waktu itu adalah Shalat Shubuh, Shalat Dhuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya'. Waktu melaksanakan ibadah shalat ditentukan berdasarkan aturan sebagai berikut.

  • Waktu Shalat Shubuh dimulai dari munculnya mentari pagi di Timur dan berakhir saat terbit matahari.
  • Waktu Shalat Dhuhur dimulai dari condongnya matahari hingga sesuatu sepanjang bayang-bayangnya.
  • Waktu Shalat Ashar dimulai setelah habisnya waktu Shalat Dhuhur hingga matahari menguning.
  • Waktu Maghrib dimulai setelah terbenamnya matahari dan berakhir dengan lenyapnya senja merah.
  • Waktu Shalat Isya' dimulai setelah habisnya waktu maghrib hingga akhir malam.

Selain shalat wajib 5 waktu, terdapat pula shalat sunnah yang dapat menambah pahala apabila dikerjakan.

Sponsor

Melaksanakan ibadah Puasa di bulan Ramadhan sebulan penuh.
Rukun islam berikutnya adalah melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Ibadah puasa dimulai dengan berniat sebelum waktu shubuh. Bentuk ibadahnya dengan cara menahan diri untuk tidak makan, minum, dan berhubungan intim bersama istri setelah waktu shubuh sampai terbenam matahari.

Membayar Zakat bagi pemilik harta yang telah mencapai nisab.
Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Caranya adalah dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada yang berhak menerima sesuai ketentuan yang dijelaskan dalam Al Qur'an. Ada delapan pihak yang berhak menerima zakat, sesuai dengan yang tertera dalam Surah at-Taubah ayat 60 yakni:

  1. Fakir - Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
  2. Miskin - Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup.
  3. Amil - Mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
  4. Mu'allaf - Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunya.
  5. Hamba sahaya - Budak yang ingin memerdekakan dirinya.
  6. Gharimin - Mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhinya.
  7. Fisabilillah - Mereka yang berjuang di jalan Allah misal: dakwah, perang dan sebagainya.
  8. Ibnus Sabil - Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan.

Nishab emas sebanyak 20 mitsqal. Nishab perak sebanyak 200 dirham atau mata uang kertas yang senilai itu. Barang-barang dagangan dengan segala macam jika nilainya telah mencapai nishab wajib pemiliknya mengeluarkan zakatnya manakala telah berlalu setahun. Nishab biji-bijian dan buah-buahan 300 sha'. Rumah siap jual dikeluarkan zakat nilainya. Sedang rumah siap sewa saja dikeluarkan zakat upahnya. Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5 % setiap tahunnya. Pada biji-bijian dan buah-buahan 10 % dari yang diairi tanpa kesulitan seperti yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedang 5 % pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.

Di antara manfaat mengeluarkan zakat menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dan orang kaya

Melaksanakan ibadah Haji bagi yang mampu.
Ibadah haji merupakan ibadah yang dilaksanakan setahun sekali pada bulan Zulhijah. Ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang dilaksanakan di berbagai tempat, dengan tempat utamanya adalah di Masjidil Haram, tempat berdirinya Ka'bah yang merupakan pusat ibadah umat muslim sedunia, berada di kota Makkah Al Mukaromah.

Bagikan

Oleh Opan pada
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.

Kunjungan Halaman Bulan Ini
Protected by Copyscape CodeCogs - An Open Source Scientific Library