Hantu Matematika

Pernahkah terpikir bahwa sebagian besar hidup Kita di sekolah selalu dihantui dengan mata pelajaran bernama matematika. Dihantui di sini bisa menimbulkan berbagai makna, bisa merupakan sesuatu yang ketika hadir diiringi ketakuatan, juga bisa bermakna seperti lagunya Dewa "kemana pun tubuhku pergi kau terus membayangi aku", dan berbagai penafsiran lainnya. Itulah yang Saya rasakan. Dari mulai PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Sampai berakhir SMA, matematika selalu hadir melengkapi mata pelajaran lainnya. Saya masih ingat ketika diajarkan dulu oleh guru, pertama kali mengenai baca, tulis, dan ngitung. "Ngitung", di sanalah ada matematika.

Berbagai respon orang mungkin terjadi. Ada yang suka, ada yang benci, ada yang tidak peduli, dan sebagainya. Begitu pentingnya matematika sehingga dijadikan mata pelajaran yang setia hadir sepanjang perjalanan di sekolah. Tidak hanya di Indonesia, matematika dipelajari di seluruh dunia. Matematika, seperti halnya musik bersifat universal. Keduanya mempunyai standar masing-masing yang dapat dimengerti oleh seluruh orang di dunia dalam bentuk simbol-simbol. Pernah Saya alami ketika menyimak penjelasan Seorang Jepang yang menjelaskan mengenai pembuktian teorema Pythagoras. Susah memang menyimak beliau ketika berbicara bahasa inggris my english is not fluently, namun ketika beliau memperjelas dengan "bahasa matematika" di papan tulis, Saya sedikit mengerti dan dapat mengikuti penyampaian beliau.

Bagi yang tidak suka matematika, rasanya susah untuk dapat mengikuti pelajaran matematika dengan baik. Patut dipikirkan, beberapa permasalahan kehidupan Kita terdapat permasalahan yang penyelesaiannya membutuhkan matematika baik yang bersifat kecil atau besar. Matematika merupakan sebagian dari ilmu-ilmu lain yang mempunyai kedudukan yang sama penting. Sewaktu sekolah, matematika menjadi pelajaran yang wajib dipelajari. Janganlah menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kesempatan diajari matematika oleh guru. Beda halnya dengan jaman dulu. Ilmuwan dulu mencari sendiri penyelesaian permasalahan yang membutuhkan matematika untuk memecahkannya. Tugas Kita sekarang tinggal menikmati peninggalan orang-orang yang berjasa telah menemukan beberapa teori matematika yang dapat dipakai untuk memecahkan beberapa permasalahan kehidupan.

Oleh Opan
Dibuat 18/10/2012
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.

Protected by Copyscape CodeCogs - An Open Source Scientific Library