Matematika dan Pemrograman

Kamu yang sedang membaca tulisan ini mungkin sadar bahwa perangkat yang sedang Kamu pegang, program aplikasi yang sedang dijalankan, dan tampilan tulisan yang sedang dibaca merupakan hasil dari serentetan bahasa pemrograman. Perangkat di hadapan Kamu dijalankan oleh sistem operasi. Browser yang Kamu jalankan merupakan hasil dari kode-kode pemrograman sesuai sistem operasi yang sedang Kamu pakai saat ini. Pesan dalam bentuk tulisan ini dihasilkan melalui pemrograman internet.

Kebutuhan akan program aplikasi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi. Era teknologi informasi berkembang sejalan dengan perkembangan beragam program aplikasi yang dapat mengakomodasi lalu-lintas informasi.

Informasi menjadi penting ketika memiliki pengaruh terhadap kepentingan lainnya, sehingga terciptalah kebutuhan pada informasi. Hal ini membuat beberapa orang berusaha untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan cara menyediakan media berupa program aplikasi dengan berbagai tujuan. Munculah sebuah profesi yang disebut sebagai programer, nama lainnya adalah pengembang atau developer.

Bagi seorang pengguna atau user, program aplikasi merupakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas tertentu termasuk untuk mengakses dan menyebarkan informasi.

Pekerjaan seorang progamer tidak selesai pada proses pembuatan program sampai selesai dan siap pakai. Seorang progamer bertanggung jawab atas program yang dibuatnya sekaligus dalam melakukan perawatan serta pengembangan. Itulah yang membuat profesi sebagai seorang programer dapat terus berjalan.

Bahasa pemrograman
Sebuah program aplikasi disusun oleh bahasa pemrograman, yaitu instruksi standar untuk memerintahkan komputer agar menjalankan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman terdiri dari berbagai jenis mulai dari bahasa mesin sampai bahasa tingkat tinggi.

Berikut ini adalah contoh bahasa pemrograman yang umum digunakan.

  • JavaScript
  • PHP
  • C++
  • C#
  • C
  • Python
  • Java
  • Ruby
  • Visual Basic

Masing-masing bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan yang berbeda tapi memiliki prinsip dasar yang mirip. Perintah-perintah seperti percabangan (IF) dan pengulangan (LOOP) selalu ditemui pada bahasa pemrograman.

Sebuah program komputer berisi bahasa pemrograman kompleks yang melibatkan banyak sintaks, logika, pengulangan, operasi, dan sebagainya. Program komputer layak dipasarkan jika memenuhi berbagai macam kriteria.

Matematika dalam bahasa pemrograman
Cobalah sekali-kali unduh aplikasi dengan sumber terbuka (open source) lalu bongkar dan perhatikan bahasa pemrograman di dalamnya. Kamu akan menemui beberapa operasi penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), sama dengan (=), pertidaksamaan (<, >) terhadap variabel yang cukup kompleks. Simbol-simbol tersebut hanyalah sebagian kecil penampakan matematika di dalam bahasa pemrograman. Keberadaan matematika pada pemrograman komputer akan semakin terasa ketika seseorang serius mempelajari keduanya.

Teori matematika yang digunakan pada pemrograman tidak hanya sebatas operasi sederhana. Beberapa teori lain yang digunakan di antaranya adalah logika matematika, himpunan, aljabar, fungsi, barisan-deret, dan lain-lain.

Berdasarkan kenyataan di atas, tidak heran kalau di jurusan ilmu komputer akan ditemui lebih dari satu mata kuliah matematika. Bahkan, dua orang pendiri google -perusahaan raksasa internet yang terus berjaya sampai saat ini- dalam riwayatnya diceritakan bahwa mereka pintar dalam matematika dan serius mempelajarinya.

Perkembangan jaman tidak terlepas dari perkembangan informasi. Perkembangan informasi tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi tidak terlepas dari matematika.

Tulisan ini terkait dengan tulisan pada kategori Logika Matematika, Aljabar, Himpunan.

Oleh Opan
Dibuat
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.

Protected by Copyscape CodeCogs - An Open Source Scientific Library