Perihal Alewoh

Alewoh berasal dari bahasa Sunda, digunakan untuk penamaan bunga labu (kembang waluh). Dalam penggunaan lainnya, alewoh merupakan bagian dari frase bodo alewoh. Biasa digunakan sebagai keterangan sifat bagi seseorang yang memiliki keterbatasan dalam hal ilmu dan pengetahuan (bodoh) tapi mau bertanya dan belajar agar dengan keterbatasannya dia bisa terus menambah wawasan serta kompetensi. Dari filosofi tersebut, saya gunakan alewoh sebagai nama website ini. Saya sebagai admin website ini berharap semoga konten-konten yang tersedia di website ini dapat dijadikan referensi dan sumber informasi sehingga dapat menjawab beberapa pertanyaan mengenai banyak hal serta dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan kompetensi.

Lebih baik merasa bodoh daripada merasa pintar
Ketika kita menempatkan diri kita dalam posisi orang yang merasa bodoh maka kita akan mencari informasi, bertanya, dan melakukan banyak hal agar apa yang membuat kita "bodoh" dapat terungkap sehingga kita dapat terus belajar. Menemukan jawaban merupakan sebuah tujuan dari sebuah pertanyaan. Walaupun demikian, dalam menemukan jawaban terdapat proses yang bisa memberikan kita banyak pengetahuan baru. Orang yang merasa dirinya bodoh akan bertanya dan belajar sehingga terbukalah gerbang pengetahuan untuknya.

Malu bertanya sesat di jalan
Peribahasa ini bermakna bahwa bertanya membuka jalan. Bertanya menjadikan kita tetap di jalan yang benar dalam mencapai tujuan. Jika tidak bertanya, kita tetap akan menemukan jalan tapi akan lebih sulit dibanding dengan ketika kita memberanikan diri untuk bertanya.

Bertanya adalah langkah awal metode ilmiah
Seorang profesor yang hebat dan berjasa banyak menyusun karya ilmiah dengan diawali sebuah pertanyaan, yaitu pada bagian rumusan masalah. Atas dasar pertanyaan, seseorang bisa meraih gelar akademik melalui karya ilmiah berupa skripsi, tesis, disertasi, dan sebagainya. Tanpa pertanyaan, karya besar akan sulit tercipta.

Sebagian besar konten yang ada di website ini merupakan karya yang original. Saya membuka komunikasi dengan para pengunjung melalui halaman kontak dan kolom komentar pada setiap halaman.